Create MacOSX USB Installer

Dah beberapa hari belakangan ini, mendapat komplain dari user design grafis, IMac yang digunakan lemot abiz, ada yang sudah diupgrade sampai yosimate. :hammer
padahal spesifikasi IMacnya ajah masih Core 2 Duo, dan Macbook Pro early 2009, pastinya bakalan lemot, terpaksa Install ulang, backup semua file ke hardisk external or sekalian buat sebagai time machine backup, jadinya nanti semua user file baek aplikasi, setting dan yang lainnya bakalan direstore kembali melalui user migration assistant.
karena file install dmg sebesar 5 Gb alhasil gak ada keping dvd yang muat kecuali keping dvd dual layer, dan untuk itu maka akan dibuatlah USB sebagai Installernya, tentunya kapasitasnya paling tidak 8 Gb, berikut ini panduannya.
setelah selesai download installer mountain lion, maverick or yosimate dengan menggunakan IMac yang lain paling tidak dengan system operasi mavericks or ML.
buka installer dmg yang biasanya berada di dalam application folder.
masukkan usb dan format menggunakan disk utility.
buka terminal dan ketik

sudo /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/Untitled –applicationpath /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app –nointeraction

jangan lupa masukkan password root
atau jika males ketak-ketik bisa pakek
http://diskmakerx.com/

Create USB Installer Mac OSX
Create USB Installer Mac OSX

setelah selesai membuat usb installer, eject usb dan install di IMac yang perlu di Install ulang,
Colokkan USB Installernya Hidupkan IMac tekan dan tahan tombol Option dan Pilih USB/EFI Installer, setelah itu jangan langsung install sebaiknya di format/recreate partition dulu ajah, klik disk utility di menu atas, finish, next dan lanjutkan menginstall, sampai create user pilih migration from backup time machine yang sudah dibuat sebelumnya.

Leave a comment